Agustus 23, 2013

Unsur-unsur grup satu

Senyawa sederhana
Pasanagan senyawa dari logam alkali mengandung kation dari unsur dan menampakkan ikatan ionik yang dominan.
Unsur grup satu bereaksi sangat dahsyat dengan oksigen. Hanya Li yang bereaksi dengan secara langsung dengan oksigen dan menghasilkan oksida sederhana, Li2O. Natrium bereaksi dengan oksigen dengan membentuk peroksida, Na2O2, yang memiliki ion peroksida, O22-. Unsur grup satu yang lain membentuk superperoksida yang memiliki ion superperksida yang bersifat para magnetik. O2-.
Hanya Li yang bereaksi dengan karbon membentuk karbida dengan stoikiometri Li2C2 dan mengandung anion dikarbida, C22-. Karbida sejenis dibentuk oleh unsur logam alkali yang lain dengan memanskan dengan ethin.
Semua garam yang umum dari logam grup satu larut kedalam air, meskipun sebagian besar garam solid mereka bersifat anhidrat.
Ion dari unsur-unsur golongan satu merupakan asam keras lewis dan kompleksnya sebagian besar dibuat dengan donor yang atom-atom kecil dan keras seperti O atau N. Kekerasan usur grup 1 semakin kebawah semakin menurun dengan semakin meningkatnya nilai jari-jari ionik dan ini menunjukkan sifat ikatannya lebih kovalen.
3. Penyimpangan sifat dari Litium (Hubungan Diagonal)
a. Litium dapat menunjukkan derajat sifat kovalen yang tinggi pada ikatan-ikatannya.
b. Litium membentuk oksida normal saat di bakar dengan oksigen sedangkan unsur grup satu lainnya membentuk peroksida atau super peroksida.
c. Litum adalah satu-satunya logam alkali yang dapat membentuk nitrit, LiN, saat dipanaskan dengan nitrogen dan karbida, Li2C2, saat dipanaskan dengan grapit.
4. beberapa garam litium seperti karbonat, pospat, dan florit, mempunyai tingkat kelarutan dalam air yang sangat rendah. Dan beberapa garam litium yang lain mengkristal sebagai hidrat, atau bersifat higroskopis.
5. Litium membentuk beberapa senyawa organometalic yang stabil.
6.  litium nitrat terdekomposisi secara langsung oleh oksigen sedangkan logam alkali yang lain sedari awal membantuk nitrat, MNO2.

7. Litium hidrida stabil sampai dengan panas 9000C, sedangkan hidrida yang lain akan terdekomposisi di bawah suhu 4000C.

0 komentar:

.:: Search

.:: Jurnal

Science Direct

.:: LibGen

http://libgen.org/scimag/

.:: Facebook

.:: Koleksi e-Book

.:: Followers

.:: Traffic

Diberdayakan oleh Blogger.