September 16, 2012

Konfigurasi elektron

Sebuah inti atom terdapat elektron, proton dan neutron. Nomor atom merupakan jumlah proton dan elektron dalam inti tiap-tiap atom suatu unsur. Sedangkan nomor massa atau masa atom adalah jumlah antara proton dan neutron yang terdapat dalan inti suat atom. Banyaknya neitron diperoleh dengan pengurangan massa atom dengan elektronnya.
Konfigurasi elektron merupakan cara pendistribusian elektron dalam orbital-orbital pada kulit utama dan subkulit. Aturan pendistribusian elektron adala sebagai berikut:

1    1.   Prinsip Aufbau
Pengisian elektron dimulai dari orbital dengan tingkat energi rendah menuju ke orbital dengan tingkat energi tinggi. Urutan tingkat energi elektron sebagai berikut;
1s, 2s, 2p, 3s, 3p, 4s, 3d, 4p, .... dst  

     2. Prinsip larangan pauli (prinsip eksklusi pauli)
Dalam suatu atom tidak boleh ada dua elektron yang memiliki ke empat bilangan kuantum yang sama.

     3.   Aturan Hund
Jika terdapat orbital-orbital dengan energi yang sama, tiap-tiap orbital akan terisi dengan sebuah elektron yang memiliki spin yang sama. (1/2 penuh)

     4.    Diagram orbital
Jumlah elektron maksimum dalam suatu oerbital sebanyak dua elekrron. Muata kedua elektron berharga negatif sehingga bersifat tolak menolak. Gaya tolak menolak elektron ini di imbangi dengan adanya rotasi yang arahnya berlawanan. Oleh karena orbital pada kulit ke n adalah n2, jumlah maksimum elektron pada kulit ke-n adalah 2n2.

0 komentar:

.:: Search

.:: Jurnal

Science Direct

.:: LibGen

http://libgen.org/scimag/

.:: Facebook

.:: Koleksi e-Book

.:: Followers

.:: Traffic

Diberdayakan oleh Blogger.