April 24, 2013

Rumus kimia


Untuk dapat menulis dan mengenal rumus kimia perlu kiranya terlebih dahulu menguasai lambang unsur-unsur kima. Rumus kimia menyatakan jenis dan jumlah atom dengan komposisi tertentu untuk setiap molekul. Rumus kimia memiliki peranan yang sangat penting dalam mempelajari ilmu kimia. Karean pengertian yang utuh mengenai zat diawali dari rumus kimianya.
Rumus kimia unsur yang terdiri atas satu atom atau monoatomic sama dengan lambang unsur atom tersebut. Beberapa zat lain seperti gas mulia pada kondisi normalnya juga berada pada kondisi monoatomik.

Molekul merupakan partikel penyusun senyawa. Adapaun yang dimaksut dengan rumus molekul merupakan rumus yang menyatakan jenis dan jumlah atom yang membentuk molekul senyawa tersebut.
Rumus molekul digolongkan menjadi dua yakni rumus molekul unsur dan rumus molekul senyawa.
1.      Rumus molekul unsur
Rumus molekul unsur merupakan rumus yang menyatakan gabungan atom-atom yang sama yang membentuk suatu molekul. Berdasarkan banyaknya atom yang bergabung, molekul unsur di bagi menjadi dua yaitu molekul diatomic dan poliatomik. Molekul diatomic merupakan molekul yang terbentuk dari dua atom yang sama. Sedangkan molekul poliatomik merupakan molekul yang terbentuk atas tiga atom yang sama atau lebih. Salah satu contoh dari molekul poliatomik yang akan sering kita jumpai yakni ozon.
2.      Rumus molekul senyawa
Rumus molekul senyawa atau rumus molekul merupakan rumus senyawa yang tersusun atas dua atom atau lebih yang berbeda dan membentuk suatu molekul.


Rumus empiris
Rumus molekul merupakan rumus kimia senyawa yang menggambarkan jenis dan jumlah atom penyusun suatu molekul. Adapun rumus empiris merupakan rumus yang menyatakan perbandingan paling sedrhana dari jumlah atom penyusun suatu molekul. Sebagai contoh perbandingan jumlah atom C dan O dalam CO2  yakni 1 berbinding 2. Perbanginan ini sudah merupakan perbandingan yang paling kecil atau paling sederhana.

0 komentar:

.:: Search

.:: Jurnal

Science Direct

.:: LibGen

http://libgen.org/scimag/

.:: Facebook

.:: Koleksi e-Book

.:: Followers

.:: Traffic

Diberdayakan oleh Blogger.