April 23, 2013

Bahaya Formalin Dalam Makanan


Siapa yang tidak kenal dengan formalin. Formalin biasanya digunakan untuk mengawetkan mayat, specimen biologi, desinfektan, dan sebagai penghilang bau. Akan tetapi akhir-akhir ini sering kita dengar bahya foemalin banyak digunkan sebagi bahan pengawet untuk bahan makanan seperti mibasah, tahu, tempe dan lain-lain. Memang bahan makanan yang di beri formalin akan lebih tahan lama, terlihat leibih cantik, kenyak dan terasa lebih enak.


Formalin yang tercampur kedalam bahan makanan memiliki efek yang sangat buruk untuk kesehatan. Jika sampai dimakan oleh manusia formalin akan bereaksi cepat dengan lapisan lender saluran pernafasan dan tentunya saluran pencernaan. Pada dosid rendah saja, formalin dapat mengakibatkan sakit perut akut yang disertai muntah-muntah, dapat menimbulkan depresi pada susunan syaraf, serta kegagalan pada peredaran darah. Dalam dosis yang cukup tinggi formalin dapat mengakibatkan kejang-kejang, kencing darah, tidak bisa kencing hingga muntah darah dan menyebabkan kematian.

Yang lebih mengerikan, makanan yang mengandung formalin itu biasanya di produksi oleh produsen jajanan murahan. Jadi bagi para orang berhati-hatilah terhadap jajanan anak anda.

0 komentar:

.:: Search

.:: Jurnal

Science Direct

.:: LibGen

http://libgen.org/scimag/

.:: Facebook

.:: Koleksi e-Book

.:: Followers

.:: Traffic

Diberdayakan oleh Blogger.